Tips cara Merawat dan Menjaga Keawetan baterai Laptop

Perawatan Baterai Laptop supaya Awet dapat disebut susah – susah gampang dan juga wajib tepat waktu, dapat pula disebut sulit karena pada kenyataannya beberapa orang yang belum juga mengetahui langkah Merawat Baterai Laptop supaya Awet. sekarang ini ada beragam langkah untuk merawat supaya baterai laptop tetaplah awet, salah satunya adalah dalam penggunaan laptop, menjaga sambungan listrik ke laptop tetap terjaga, dan banyak lagi. tapi yang sangat perlu di hindari adalah membiarkan baterai laptop hingga habis sampai laptop mati mendadak, ini sangat bahaya hingga dapat menyebabkan kerusakan di baterai ataupun laptop

Baca juga : Tips cara mengecilkan ukuran file dan compres file

Di bawah ini yaitu sebagian Langkah Merawatan Baterai Laptop supaya Awet yang telah saya butkyikan sendiri dengan melakukannya di beberapa customer yang membeli laptop di kami, dan juga mempraktekkanya di  laptop saya sendiri hingga baterai saya masih tetap awet :

  • Pertama kalinya anda beli laptop, cas dahulu batrei sekitaran 8 hingga 10 jam, mengapa mesti 8 sampai 10 jam? karna batrei laptop tidak digunakan dalam periode waktu cukup lama (disimpan digudang) baiknya dicas terlebih dulu..
  • Tiap-tiap anda memakai laptop tambah baik bila charging batterai (dicas selalu, walau telah penuh tetaplah dicas selalu) karna batrei beberapa type BARU SEKARANG memiliki CONTROLL BATTERY berarti “jika baterai penuh, jadi batrei juga akan stop charging (stand by) jadi laptop automatis segera gunakan power listrik, serta tidak buat batrei kembung/soak”.
  • Janganlah terus-terusan lakukan system CdC (Charge Discharge) = “Apabila batrei penuh cabut adaptor, serta sesudah habis gunakan adaptor lagi”.
  • Batrei janganlah di KALIBRASI (pengosong isi batrei hingga habis 0%) karna banyak effeknya ke batrei (Cycle Count)
  • Jangan sampai BATREI DILEPAS, jika mendadak listrik mati piranti laptop berlangsung konsleting (LCD, mobo, dan lain-lain) serta menyebabkan rusaknya pada hardware laptop. Terkecuali Itu batrei juga mengontrol arus listrik yg masuk sebelumnya ke piranti yg laen.
  • 5 menit sebelumnya menggunakan laptop charging batterai dahulu, 5 menit sesudah Laptop dimatikan baru cabut adaptor.
  • Waktu memakai batrei (portabel/tanpa ada di cas), jauhi (Main Game, Putar DVD/CD, Software-software grafis tinggi). Bila masih tetap ada power listrk mendingan di cas saja.
  • Yakinkan suhu kamar (ruang) tidaklah terlalu panas, karna suhu yang tinggi berefek turunkan perform batterai (cycle count menyusut) karna, suhu yaitu musuh bebuyutan batterai

Rangkuman dari berbagai langkah merawat baterai di atas yaitu :

  1. Pakai laptop seperti langkah kerja Personal Computer (PC), bila tak ada listrik tambah baik tidak dipakai laptopnya, bila menekan, pakai jangan pernah baterai habis (0%)
  2. Makin lama usia baterai, jadi kemampuan batrei pastinya akan alami penurunan, jadi janganlah mengharapkan baterai laptop anda awet selama-lamanya
  3. Mending rusak batrei dari pada rusak LAPTOP atau hardware yang lain, tersebut mengapa pakai senantiasa adaptor dilaptop anda serta janganlah melepas baterai
Tips cara Merawat dan Menjaga Keawetan baterai Laptop | s4suk3uchiha2 | 4.5